Pintu Dharma Avalokitesvara

Quan yin Nan shan

Saat Padmakumara sampai di hutan bambu ungu Gunung Pota (Puto san) tempat petilasan Avalokitesvara di Laut Selatan, Beliau menyampaikan Dharmadesana dan mendengar Dharma, sehingga memperoleh hasil yang luar biasa.

尤其是「觀音法門」。 原來「觀音法門」的正名是「如幻聞熏聞修金剛三昧」。

Terlebih adalah Pintu Dharma Avalokitesvara. Ternyata sebutan lengkap untuk Pintu Dharma Avalokitesvara adalah Vajra Samadhi dari latihan metode pendengaran .

此法得二種殊勝功德: Sadhana ini menghasilkan dua macam pahala yang istimewa :

第一、上合十方諸佛的本覺妙心,與佛同體,並同一慈力,可運無緣大悲,普度眾生。

1. Keatas menyatu dengan Kesadaran Mula dari Para Buddha Sepuluh Penjuru, menyatu dengan Buddha, memiliki kesamaan Maitri, mampu mengkaryakan Karuna tanpa syarat untuk menyelamatkan makhluk luas.

第二、下合十方六道,一切眾生心性,能與眾生同憂患,共悲仰。

2. Kebawah dapat bersimpati dan turut merasakan penderitaan  para insan di sepuluh punjuru enam alam.

觀世音菩薩對蓮花童子說:

Avalokitesvara berkata kepada Padmakumara :

「昔日,我曾供養觀音如來,觀音如來給我印心,傳授觀音法門,今天我得佛體,亦得佛用,所以才有三十二 種應化身,能隨機赴感,任意出入十方法界,普度群迷,同登覺岸。」

“Dahulu, Aku pernah memberi pujana pada Tathagata Lokesvara, Beliau memberiku kiat hati, mentransmisikan Pintu Dharma Avalokitesvara pada Ku, hari ini Ku peroleh tubuh dan kemampuan Buddha, maka barulah mempunyai 32 tubuh penjelmaan yang dapat memberi respons di mana mana, dengan leluasa mampu keluar masuk di sepuluh penjuru Dharmadhatu, menyelamatkan yang tersesat supaya dapat mencapai pantai seberang.

” 菩薩問蓮花童子:Bodhisattva bertanya kepada Padmakumara :

「汝欲印心否?」 “Apakah Kau menginginkan kiat hati ?”

「我當學。」蓮花童子答:「為度眾生故。」 “Aku kelak akan mempelajarinya demi menyelamatkan para insan” jawab Padmakumara.

於是,觀世音菩薩給蓮花童子「印心」。(傳秘密五咒) Kemudian, Avalokitesvara Bodhisattva memberikan kiat hati pada Padmakumara. (mentransmisikan 5 mantra rahasia)

再傳授「觀音法門」: Dan mentransmisikan Pintu Dharma Avalokitesvara

觀音法門是由「耳根的聞性」下手起修,這是耳根修證三昧。由於得「印心」,即感通十方諸如來,超脫天界 ,超脫人界,超脫同倫,超脫無盡的法界,忽然超越世間與出世間,不受「空」、「有」等觀念的繫縛,直接進入 「寂照含空,十方圓明」。

Pintu Dharma Avalokitesvara dilatih melalui sifat pendengaran dari indera pendengaran, dari indera pendengaran melatih samadhi. Dan karena memperoleh kiat hati, maka akan berkontak dengan Sepuluh Penjuru Tathagata, melampaui alam surga, manusia bahkan melampaui Dharmadhatu yang tiada batas, melampaui juga lokiya dan lokuttara, tidak terikat oleh pandangan “Ada” dan “Sunya”, 其法要如下: Demikian inti sadhana nya : 「聞中」--返聞自性,本覺內熏。 “Saat Mendengar” : mendengar ke dalam pada sifat sejati, pada kesadaran mula. 「逆流」--返妄聞而歸真聞,六眼清淨。 “Menuju aliran ” : mengubah pendengaran tanpa arah menjadi pendengaran sejati, ke enam mata tersuci kan.

「返照」--返歸精明的妙覺,純淨無瑕的光明普照。

“Mengamati ke dalam” : kembali pada kesadaran sejati yang terang, sinar yang murni tanpa cela.

「俱滅」--動靜二性,了然不生,根塵雙滅。

“Padam” : gerak dan ketenangan, dua sifat itu tidak muncul, akar debu juga padam.

一直到了,湛然的「境」空,覺照的「智」亦空,如此,不生不滅的真心就自然而然的顯現,大 放光明。 Sampai tibanya sunya yang mendalam, jhana yang mengamati juga sunya, dengan demikian batin yang tidak muncul dan tidak lenyap akan tampak dengan alamiah, serta memancarkan maha cahaya.

這耳根聞熏聞修金剛三昧有大法力,若修證「觀音法門」,便得妙力,能分無數之身,尋聲救苦。世間外火, 不能為害,世間外水,不能為害,刀劍觸身,即斷斷折,一切惡鬼不能近身,禁械枷鎖,不能著身,盜賤不能劫奪 ,遠離貪嗔癡。

Vajrasamadhi melalui indra pendengaran ini mengandung kekuatan Dharma yang besar, bila berhasil dalam Pintu Dharma Avalokitesvara ini, akan memperoleh kekuatan yang istimewa, mampu mengeluarkan badan jelmaan yang tak terhitung banyaknya, mampu mendengar derita dan menolongnya. Api luar di alam tdk akan melukai, air luar juga tidak dapat melukai, senjata tajam bila mengenai tubuh akan patah berkeping keping, segala macam setan jahat tidak akan bisa mendekati , segala belenggu tidak dapat mengikat, perampok tdk dapat melukai dan akan terhindar dari loba, dosa dan moha.

「觀音法門」是妙中最妙的耳根圓通,是妙中妙的「印心」。

“Pintu Dharma Avalokitesvara” adalah penembusan indera pendengaran yang teristimewa diantara yang istimewa, merupakan kiat hati yang luar biasa di antara yang luar biasa.

蓮花童子認為其重點如下: Menurut Padmakumara titik berat nya adalah :

見聞覺知,可成為渾然圓融之清淨法流。 Prajna dari pengamatan dan pendengaran dapat menjadi arus Dharma yang suci bersih nan sempurna.

根本毫無障礙。變成隨意自在的任運。 如月印水,有感必應。 Menjadi leluasa tanpa halangan, bagaikan bulan terpantul di air, pasti timbul kontak.

「觀音法門」的修證,能示現無數的妙容,能說無邊的秘密神咒。其變現,可威猛,如「馬頭明王」。可寂定 ,如「聖觀音」。可慧照,如同「如意輪觀音」。可說任何秘密神咒,如「施無畏者」。 Realisasi Pintu Dharma Avalokitesvara mampu memunculkan rupa indah yang tak terhitung, dapat membabarkan mantra rahasia tak terhingga. Perwujudannya dapat berwibawa, seperti Hayagriva. Dapat tenang seperti Arya Avalokitesvara. Dapat penuh kebijaksanaan bagaikan Cintamanicakra Avalokitesvara. Dapat mebabarkan berbagai mantra rahasia bagaikan Abhayandha. 這「印心」是: Kiat hati ini adalah : 現前一心。 Menampilkan satu hati. 本具萬法。 Yang pada hakekatnya telah mengandung puluhan ribu Dharma 皆有神力。 Semua mengandung kekuatan 及以智明。 dan Prajna 上等佛心。 Keatas menyatu dengan hati Buddha 下同含識。 Kebawah mengandung kesadaran 這「法門」是: Pintu Dharma ini adalah : 聞本見知。 Dari akar pendengaran merealisasikan prajna 制諸魔外。 Mengendalikan semua Mara 具諸總持。 Memiliki segala Dharma 廣度群品。 Menyelamatkan insan luas 蓮花童子在普陀山紫竹林觀世音菩薩處,得到真正的「印心」,「觀音法門」使蓮花童子得二種 殊勝功德。 Padmakumara di Hutan Bambu Ungu Gunung Pota Laut Selatan tempat Avalokitesvara memperoleh kiat hati yang sejati, Pintu Dharma Avalokitesvara membuat Padmakumara memperoleh dua macam pahala istimewa.

Sumber : Buku Mahaguru ke-76 幽靈湖之夜 (Malam di Danau Phantom) Diterjemahkan oleh : Lianhua Shian 觀音法門實 修儀軌

Tata Cara Guanyin Famen (Pintu Dharma Avalokitesvara) 蓮生活佛以為,真佛弟子欲修「觀音法門」,先求蓮花活佛的「印心」,也就是先求蓮生活佛的 「心印」。

Menurut Rinphoce Liansheng, bagi siswa TBSN yang ingin menekuni Guanyin Famen, terlebih dahulu memohon kiat hati / Yinxin dari Rhinpoce Liansheng, atau dengan kata lain memohon mudra hati dari Rhinpoce Liansheng. 此「心印」是南海普陀山紫竹林觀世音菩薩給蓮花童子「印心」。而「蓮花童子」給「真佛弟子 」印心。 Mudra hati ini ditransmisikan oleh Avalokitesvara di Hutan Bambu Ungu Gunung Pota di Laut Selatan kepada Padmakumara, kemudian Padmakumara mentransmisikannya kepada siswa Zhenfo zong/TBSN.

觀音法門實修儀軌如下(分二段): Tata Cara Gunyin Famen seperti di bawah ini (dibagi menjadi 2) :

一、入壇唸清淨咒。

1. Memasuki mandala, menjapa mantra pembersihan

二、召請佛菩薩諸尊。

2. Mengundang Para Buddha Bodhisattva dan Para Adinata

三、真佛大禮拜法。

3. Mahanamskara Satyabuddha

四、真佛四皈依法。

4. Catur Sarana Satyabuddha

五、真佛披甲護身法。(結界)

5. Simabandhana diri Satyabuddha

六、真佛大供養法。

6. Mahapujana Satyabuddha

七、唸高王觀世音真經。(一~三遍)。(五咒加持)

7. Melafal Sutra Raja Agung (1-3kali). (adhistana dengan 5 mantra)

八、真佛行者,雙眼閉上,姿態端正,但略輕鬆些,不用觀想,不用嘴唸咒唸佛,不數唸珠,手亦不結印,坐 姿自然端莊。

8. Sadhaka memejamkan mata, duduk dengan tegak, namun tidak tegang, tidak perlu bervisualisasi, tidak perlu menjapa mantra atau melafal nama Buddha, tidak perlu menggunakan japamala, tangan tidak membentuk mudra, duduk dengan alamiah dan agung. 九、祇在自己心中,想「觀音菩薩」這四個字,每字約二秒鐘。

9. Konsentrasi dalam hati pada empat aksara Guanyinpusa 「觀音菩薩」, tiap aksara 2 detik 十、每字在心中發音,而耳根聽「心音」。注意這四個字的心音如何出現在心中,雖沒有用口出聲,但確可用 耳聞其聲。由此,便可證明「心」的存在。

10. Tiap aksara mengeluarkan suara di dalam hati, telinga mendengarkan suara hati. Berkonsentrasi pada bagaimana suara keempat aksara tersebut muncul dalam hati, walau tidak bersuara dari mulut, namun kenyataannya telinga bisa mendengarnya. Dengan demikian bisa membuktikan keberadaan hati.

十一、注意力一直在「心音」、「耳聞」,如此不輟,雜念一概的收攝在這四字之中。如此用功,攝萬念而成 一念,不久便心開意解,內得精神統一而輕安。

11. Terus berkonsentrasi pada suara hati dan telinga mendengar, melakukannya tanpa bosan, segala pikiran yg bercabang diserap ke arah empat aksara itu. Bila dapat tekun, menyerap puluhan ribu cabang pikiran menjadi satu pikiran, tak lama batin pasti terbuka. Di dalam memperoleh pikiran yang terpusat dan rileks.

十二、定於「一」久久。

12. ber Samadhi dalam “satu pikiran” dengan waktu lama

十三、出定。

13. Keluar dari samadhi.

十四、迴向:

14. Pelimpahan jasa :

南摩大悲觀世音,願我速知一切法。

Namo Dabei Guanshiyin , Yuanwo suzhi yiqie fa.

Aku berlindung pada Avalokitesvara yang pengasih, semoga aku cepat memahami semua Dharma

南摩大悲觀世音,願我早得智慧眼。

Namo Dabei Guanshiyin , Yuanwo zaode zhihui yan.

Aku berlindung pada Avalokitesvara yang pengasih, semoga aku segera memperoleh mata Kebijaksanaan.

南摩大悲觀世音,願我速度一切眾。

Namo Dabei Guanshiyin , Yuanwo su du yiqie zhong.

Aku berlindung pada Avalokitesvara yang pengasih, semoga aku cepat menyelamatkan semua insan.

南摩大悲觀世音,願我早得善方便。

Namo Dabei Guanshiyin , Yuanwo zaode shan fangbian.

Aku berlindung pada Avalokitesvara yang pengasih, semoga aku segera memperoleh kemampuan upaya kausalya yang bajik. (upaya kausalya = upaya yg mudah dan disesuaikan utk para insan yg berbeda)

南摩大悲觀世音,願我速乘般若船。

Namo Dabei Guanshiyin , Yuanwo su cheng bori chuan.

Aku berlindung pada Avalokitesvara yang pengasih, semoga aku cepat menaiki perahu Prajna.

南摩大悲觀世音,願我早得越苦海。

Namo Dabei Guanshiyin , Yuanwo zaode yue kuhai.

Aku berlindung pada Avalokitesvara yang pengasih, semoga aku segera melampaui samudera dukha.

南摩大悲觀世音,願我速得戒定道。

Namo Dabei Guanshiyin , Yuanwo sude jiedingdao.

Aku berlindung pada Avalokitesvara yang pengasih, semoga aku cepat memperoleh sila, samadhi dan pembebasan.

南摩大悲觀世音,願我早登涅槃山。

Namo Dabei Guanshiyin , Yuanwo zaodeng niebanshan.

Aku berlindung pada Avalokitesvara yang pengasih, semoga aku segera tiba di puncak gunung Nirvana.

南摩大悲觀世音,願我速會無為舍。

Namo Dabei Guanshiyin , Yuanwo su hui wuweishe.

Aku berlindung pada Avalokitesvara yang pengasih, semoga aku cepat merealisasikan keihlasan tanpa pamrih. 南摩大悲觀世音,願我早同法性身。

Namo Dabei Guanshiyin , Yuanwo zao tong faxing shen.

Aku berlindung pada Avalokitesvara yang pengasih, semoga aku segera merealisasikan tubuh sifat Dharma.

大禮拜佛。

Mahanamaskara

吉補圓滿。

Sadhana sempurna dan manggala.

(第一段修法,是萬念攝成一念,念念「觀音菩薩」,即入一心不亂的境界。打坐時間,半小時 為宜。) Sadhana

bagian 1,

merupakan penyerapan puluhan ribu cabang pikiran menjadi satu pikiran, merenungi Guanyinpusa 「觀音菩薩」, memasuki tingkatan satu batin tak kacau. Waktu meditasi idealnya setengah jam. 第二段修法:(已能一心不亂久久,可修第二段) 前一~七項,照第一段行之。

Bagian ke 2 adalah setelah mampu memasuki kondisi satu hati tak kacau dalam waktu lama, maka baru dapat menekuni

bagian 2.

diatas adalah, tahap 1-7 dalam tata urutan kemudian merupakan sadhana bagian pertama.

Tahap INTI Bagian 2 : 八、真佛行者,雙眼閉上,坐姿自然端莊。手不結印,口不唸佛唸咒,不觀想,不數唸珠。

8. Sadhaka memejamkan mata, duduk dengan tegak dan alami, tangan tidak membentuk mudra, tidak menjapa mantra, tidak bervisualisasi, tidak menghitung japamala.

九、停止默唸「觀音菩薩」,「心音」停止,放棄所守。

9. batin berhenti melafal Guanyin Pusa, suara hati berhenti, melepas yang telah dipegang.

十、用「早聞」去觀照心中是否有「自言自語」,若有,即再默念「觀音菩薩」四字攝其「自言自語」。若無 ,則入圓寂妙境,這便是「生滅已滅,寂滅現前」,動靜二性,了然不生,心靈安靜,清淨法身,入 涅槃城。

10. Menggunakan “pendengaran awal” mengamati apakah dalam batin ada “ucapan dari diri sendiri”, bila ada maka kembali batin melafal Guanyin Pusa ,empat aksara ini merupakan termasuk sebagai”ucapan dari diri sendiri”. Bila tiada, maka memasuki ketenangan yang sempurna, ini adalah “Telah padamnya kemunculan dan kelenyapan, kepadaman yang tenang telah muncul.”, tidak timbul gerak batin maupun ketenangan, batin sangat tenang, Dharmakaya yang suci, memasuki Nirvana.

十一、由一念變成無代,入金剛三摩地,此三昧地就是「如幻聞熏聞修金剛三昧。」

11. Dari satu pikiran menjadi tiada pikiran, memasuki vajrasamadhi, samadhi ini adalah ” Vajrasamadhi melalui ilusi pendengaran ”

十二、入定於三摩地久久。

12. Memasuki samadhi dalam waktu lama

十三、出定,迴向:(如第一段)

13. Keluar samadhi dan Pelimpahan jasa (pelimpahan jasa persis di sadhana bagian pertama di atas)

大禮拜佛。出壇。

Mahanamaskara dan keluar dari mandala.

吉祥圓滿。

Manggala dan sempurna.

(第二段修法,可以打坐二小時,此法門可得輕安、光明清淨、喜樂出現、得大智慧、得大解脫、度生無盡、 得法性身。)

Sadhana bagian ke 2 dapat bermeditasi mencapai 2 jam, sadhana ini mampu memperoleh ketenangan dan kerileksan, cahaya yang suci, munculnya kebahagiaan, memperoleh kebijaksanaan luas, pembebasan, menyelamatkan insan tiada batas, memperoleh tubuh sifat Dharma. 「

觀音法門」儀軌雖簡單,但言簡意賅,由「印心」之故,觀音菩薩圓通法力速得成就也。

Walau tata cara Guanyin Famen ini sangat sederhana, namun menyimpan makna mendalam, oleh karena adanya kiat hati, maka akan segera memperoleh kekuatan Dharma penembusan dari Avalokitesvara Bodhisattva.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: