Raga Raja (Ai Jan Ming Wang)

MAKNA RUPA RAGARAJA

Ragaraja, Raga adalah nafsu keinginan , makna dari namaNya adalah penguasa atas nafsu keinginan. Ragaraja adalah kemurnian moral yang dimiliki oleh setiap makhluk, mula dari Buddhata yang tak tercemari,.

【Makna Rupa Ragaraja Vidyaraja】:

Perlu diketahui, dibawah ini adalah wujud yang telah dibabarkan dalam sutra, penjelasannya masing masing bentuk mengacu bentuk yg dilukiskan dalam sutra

◎1.Warna tubuh Nya bagaikan matahari terbit :Berwarna merah terang ,bermakna Vidyaraja melindungi dan mengasihi semua makhluk dengan sangat mendalam.

◎2.Menetap di cakra yang berkobar :Tubuh Nya bagaikan cahaya matahari dapat membasmi kegelapan batin.

◎3.Tiga mata angkara murka :3 mata bermakna Trikula (Buddhakula、Padmakula、Vajrakula)yang sebenarnya satu,juga bermakna Trikaya yang tidak mendua. Mata kiri adalah Buddhalocani、Mata kanan adalah Ekausnisacakra、Mata Tengah adalah Ragaraja,ketiga Nya menyatu. Bermakna kekotoran yang diubah menjadi Prajna Dharmakaya.

◎4.Mahkota Singa :
Keagungan dan wibawa, merupakan Dharma yang paling cepat menghancurkan segala halangan pembinaan diri , leluasa dan tanpa ketakutan.

◎5.Krodha dengan rambut berdiri :
Memutuskan semua kegelapan batin, tekun dalam Dharma.

◎6.Lima cabang vajra (kaitan) di usnisa :
Mengait dan menaklukkan polusi nafsu para makhluk dan lima racun. Merealisasikan Pancajnana, mengalahkan bala tentara mara.

◎7.Pita terjalin pada hiasan kepala:
Sukha duniawi dan Dharmasukha menyatu.

◎8.Anting Anting :
Telinga senantiasa mendengar Kata kata sejati dari Para Buddha.

◎9.Tangan kiri memegang belvajra:
Menyadarkan semua makhluk

◎10.Tangan kanan:
Memperkokoh mula hati Boddhi.

◎11.Bentuk bagai Vajrasattva:
Merupakan Vajracitta yang semula ada dalam semua makhluk

◎12.Berdiam di dunia para makhluk:
Mampu mengentaskan para makhluk dari lumpur lahir dan mati

◎13.Tangan kiri memegang busur:
Pahala Vajrabhala tanpa takut

◎14.Tangan kanan memegang panah vajra:
Memanah semua makhluk supaya timbul sukacita

◎15.Bagaikan memanah bintang-bintang,merealisasikan Mahavasikarana:
memanah semua bintang di semesta, menyinari semua dan menjadi suci

◎16.Tangan kiri menggam avidya:
Mengalahkan avidya para makhluk.

◎17.Tangan kanan memegang teratai bagao hendak memukul :
Dengan Dharma mematahkan nafsu, segera memusnahkan sifat jahat

◎18.Duduk bersila :
Dengan sikap postur vajrasana mengalahkan semua mara

◎19. Duduk di atas padma merah :
Menetap dalam samadhi vijayavasikarana Para Buddha yang tanpa noda

◎19. Ratnakalasa dengan dua pegangan di bawah padmasana ,memuntahkan ratnamanikam :
Ratnakalasa berarti kebajikan yang sempurna, dua pegangan bermakna Vajradhatu dan Garbhadatu adalah satu adanya, juga bermakna Prajna vijaya dari sang Adinata, merupakan Adinata yang mampu menyempurnakan lokiya dan lokuttara.

KUTIPAN SUTRA BAB RAGARAJA

Saat itu Vajrapani bersujud dihadapan Buddha dan berkata ” Baghavan, saat ini Aku hendak babarkan mengenai Ragaraja, berbagai siddhi keberhasilan dari Para Tathagata dan sadhana menggambar.

Santika (息災 xizai / Tolak bala ), Paustika (增益 zengyi / pemeberkahan) Vasikarana (敬愛 jingai / cinta kasih ) Abhicaruka (降伏 jiangfu / penaklukkan)”

Pada saat itu, Baghavan yang cahaya Nya menyinari seluruh semesta, memberitahukan pada Vajrapani, “Saya telah membabarkan segala yang pernah dipelajari oleh Para Tahagata, kini Kau demi memberi manfaat pada para pria dan wanita bajik di masa akhir Dharma hendak melakukan pembabaran. ”

Saat itu Vajrapani memanjatkan gatha pujian :

於白月鬼宿  取淨白素[疊*毛]
Saat bulan putih Mengambil kuas bersih
畫愛染金剛  身色如日暉
Menggambar Ragaraja Warna tubuh bagai matahari terbit
住於熾盛輪  三目威怒視
Menetap di cakra berkobar Memandang dengan tiga mata angkara
首髻師子冠  利毛忿怒形
Mengenakan mahkota singa Rambut berdiri krodha
又安五鈷鉤  在於師子頂
Diatas mahkota singa ada vajra lima cabang
五色華髻垂  天帶覆於耳
Rambut pancawarna Mengenakan anting surgawi
左手持金鈴  右執五峯杵
Tangan kiri membawa bel vajra Tangan kanan membawa vajra
儀形如薩埵  安立眾生界
Postur bagai Vajrasattva berdiri di antara para makhluk
次左金剛弓  右執金剛箭
Tangan kiri membawa busur vajra tangan kanan panah vajra
如射眾星光  能成大染法
Bagai memanah bintang bintang merealisasikan Mahavasikarana
左下手持彼  右蓮如打勢
Tangan kiri membawa tali tangan kanan membawa padma seperti memukul
一切惡心眾  速滅無有疑
Para makhluk yang jahat tak diragukan lagi pasti segera sirna
以諸華鬘索  絞結以嚴身
Pita hiasan rambut saling bersilang dengan agung
作結跏趺坐  住於赤色蓮
sikap duduk vajrasana diatas padmasana merah
蓮下有寶瓶  兩畔吐諸寶
Dibawah padmasana terdapat ratnakalasa bergagang 2 memuntahkan ratnamanikam
造像安於西  行人面西對
gambarlah dan letakkan di barat sadhaka menghadap barat
結大羯磨印  及誦根本明
membentuk mudra mahakarman japakan mantra mula
兼示三昧耶  一字心密語
membangkitkan samaya mantra satu kata
能成能斷滅  一切惡心眾
dapat memotong hati yang jahat
又結金剛界  三十七羯磨
membentuk Vajradhatu 37 karman
及以本業明  速成百千事
dengan mantra Nya segera menykseskan berbagai karya
薩嚩訥瑟吒  及諸誐囉訶
Santika dan semua paustika
加忿怒降伏  一夜當終竟
ditambah krodha abhicaruka cukup satu malam
誦本根本明  結三昧耶印
japakan mantramula bentuk mudra samaya Nya
又令伽跢耶  取紅蓮花蘂
Ambil putik padma merah
一百八護摩  一宿即敬愛
108 homa segera vasikarana
又令彼攝伏  取白檀香刻
untuk menarik pahat dari cendana putih
金剛愛染王  五指為量等
Ragarajavajra ibu jari sebagai ukuran
長帶於身藏  一切有情類
selalu disertakan dengan tubuh para makhluk
及諸剎利王  攝伏如奴僕
para raja bisa ditaklukkan bagai budak
常結羯磨印  誦大根本明
senantiasa membentuk mudra karman menjapa mantra
增益一切福  堅固如金剛
menambah segala berkat kokoh bagai vajra
若七曜凌逼  命業胎等宿
(nama bintang dan waktu)
畫彼形那摩  置於師子口
gambarkan wujud Nya letakkan di mulut singa
念誦一千八  速滅不復生
japakan 1080x segera melenyapkan petaka
乃至釋梵尊  水火風焰魔
bahkan oh Baghavan yama air, api dan angin
頂行之惡類  夜走無邊方
segala makhluk jahat yang berjalan diangkasa akan lari tunggang langgang
一切惡種惹  淨行苾芻眾
segala kejahatan dan petaka akan disucikan
難調毒惡龍  那羅延自在
naga jahat beracun Narayana dan Mahesvara
護世四天王  速除令失命
Catur Maharajika tidak akan melukai
復說愛染王
oleh karena itu Ku babarkan Ragaraja

一字心明曰
Mantra ekaksara Nya :

hūṃ   ṭa ki   huṃ   jaḥ
吽([*]引)吒 枳  吽([*]引) 惹(入聲)

Hum Zha Zhi Hum Re

復說根本印  二手金剛縛
demikian mulamudra dua telapak saling rangkap vajra
忍願竪相合  進力如鉤形
jari ksanti berdiri dan bersilang bagai bentuk kusa
檀慧與禪智  竪合如五峯
jari dana prajna dan samadhi prajna bagai lima puncak
名羯磨印契  亦名三昧耶
dinamakan mudra karman dan samaya
若纔結一遍  及誦本真言
jika membentuk satu kali dan menjapa mantra
能滅無量罪  能生無量福
mengikis karma buruk tak terhingga melahirkan berkah tak terhingga
底迦等法  四事速圓滿
Santika dan lainnya empat karman segera sempurna
三世三界中  一切無能越
di triloka tiga masa tiada yang dapat melampauiNya
此名金剛王  頂中最勝名
dinamakan Vajraraja yang paling unggul nama Nya diantara yg teratas
金剛薩埵定  一切諸佛母
samadhi Vajrasattva Ibu para Buddha
復說扇底迦  五種印相應
Ku babarkan Santika beryukta dengan panca mudra


INTISARI DHARMADESANA 15 Maret 2009
HOMA RAGAVIDYARAJA
(Vihara Vajragarbha Rainbow)

Sembah sujud kepada Biksu Liaoming, Acarya Sakya Zhengkong, Karmapa ke-16, Acarya Tubten Dhargye. Sembah sujud pada Tri Ratna mandala, sembah sujud pada Adinata Homa Raga Vidyaraja, sembah sujud pada Para Adinata Merah kerabat Ragaraja. Gurudhara, para Acarya, para Biksu, Dharmacarya, Pandita Dharmaduta, Pandita Lokapalasraya, ketua vihara, para umat sekalian serta para umat yang menonton secara online di internet, salam manggala !

Hari ini kita melakukan ritual api homa Raga Vidyaraja, mudra Nya adalah menggenggam ke dalam, kemudian jari tengah berdiri bersilangan ; Makna dari jari tengah yang bersilangan adalah “Terdapat kekeruhan batin” ; Bila (jari tengahnya) di pisahkan maka menjadi mudra Ksitigarbha Bodhisattva yang bermakna “Tiada kekeruhan batin” ; Bila disatukan berarti adalah mudra Yamantakavajra ; Saling bersilangan bermakna terdapat kekeruhan batin, karena kebanyakan Ksitigarbha Bodhisattva adalah berwujud selibat, maka (mudra jari tengahnya) terpisah. Ragaraja bagaikan kobaran api, mudra Ragaraja jari tengahnya adalah bersilangan, saat mengundang kehadiran Ragaraja harus menggunakan “Zha Hum Ban Huo” , “Zha Hum Ban Huo”, “Zha Hum Ban Huo”….kemudian tangan membentuk mudra Ragaraja, saat jari tengah bersilangan harus di gesekkan, artinya adalah menggetarkan hati Vidyaraja, maka Beliau akan hadir. Homa Raga Vidyaraja kali ini, Beliau turun hadir dua kali (tepuk tangan hadirin), lebih spesial, makna dari dua kali kehadiran Nya adalah menambahkan Dharmabala, yaitu Dharmabala yang Anda sekalian mohonkan kepada Raga Vidyaraja supaya Beliau dapat memberkahi dengan cinta kasih, Dharmabala Vasikarana bertambah kuat, supaya semuanya saling mengasihi dan saling menghormati.

Dulu saya sudah mengajarkan banyak Sadhana Raga Vidyaraja, diantaranya adalah Sadhana bususr dan panah. Barusan saat homa, Anda sekalian juga melihat Saya melepaskan anak panah, anak panah ini bukannya benar benar dapat melukai orang, karena bagian depannya terdapat sekuntum bunga yaitu bunga Utpala, di ujung anak panah terdapat bungan Utpala, saat dilepaskan bervisualisasi bunga merah vasikarana memasuki hati pihak lain, supaya salam hatinya timbul rasa cinta, maka rasa cinta itu akan muncul. Ragaraja mempunyai banyak macam sadhana, tangan Nya memegang padma merah, di dalam padma merah ada batang demi batang putik, asalkan tiap melakukan sadhana homa, tiap kali homa memasukkan putik satu batang padma merah ke dalam tungku, maka pihak lawan akan timbul rasa kasih sayang , ini adalah salah satu bentuk vasikarana dan cara penaklukkan (abhicaruka). Maka, saat kita melakukan homa Raga Vidyaraja, mengharapkan supaya para insan memperoleh adhistana Raga Vidyaraja, semua memiliki hati yang saling menghormati dan mengasihi, yang paling kecil yaitu perorangan, yang besar bisa satu perkumpulan kebaktian, cetya, vihara bahkan rumah tangga, supaya semua orang memperoleh vasikarana yang sempurna. (tepuk tangan hadirin)

Meskipun rupa Raga Vidyaraja adalah garang, namun sebenarnya Beliau adalah adinata merah, mengeluarkan kekuatan wibawa yang besar, yaitu kekuatan wibawa besar dari vasikarana. Raga Vidyaraja berwarna merah yang bermakna vasikarana, merupakan golongan adinata merah. Amitabha Buddha juga berwarna merah, termasuk golongan adinata merah. Kurukulla Baghavati juga berwarna merah, juga termasuk adinata merah. Maka para Dewi yang memakai jubah merah, semua termasuk sebagai adinata merah. Raga Vidyaraja memiliki banyak kerabat, semuanya disebut sebagai adinata merah. Homa Ragaraja kita kali ini ada penyeberangan arwah, ada vasikarana, ada santika, juga ada abhicaruka, ada juga paustika, kemudian ada penyembuhan penyakit, Beliau mempunyai sadhana penyembuhan penyakit. Bila semua orang mengasihi Anda, maka dengan alamiah akan menambah manfaat bagi Anda ; Bila semuanya mengasihi Anda, maka dengan alamiah Anda akan memperoleh kebijaksanaan dari mereka semua. Maka manfaat dari menekuni sadhana Raga Vidyaraja adalah termasuk menambah berkah dan prajna, sama dengan manfaat menekuni sadhana Kurukulla Baghavati. Raga Vidyaraja tampil dalam rupa angkara murka berarti kemampuan Vasikarana Nya sangat kuat.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: