Sadhana Hayagriva

密宗馬頭明王法 Sadhana Hayagriva

Sumber : Buku ke 57_道法傳奇錄 (Catatan Legenda Tao)
diterjemahkan oleh : Lianhua Shian,

馬頭明王,即是馬頭觀世音,在蓮華部教令輪中是六觀音之一。在明王部是馬頭明王,由於其頭有白馬之形, 如轉輪聖王的寶馬,所以稱為馬頭明王、馬頭觀音,被尊稱為畜生道的教主。
Hayagriva adalah Avalokitesvara Berkepala Kuda, di dalam padmakula (bagian teratai) merupakan salah satu dari Enam perwujudan Avalokitesvara. Di Bagian Vidyaraja merupakan Hayagriva Vidyaraja, karena kepala Nya terdapat bentuk kuda putih, bagaikan kuda hebat milik Raja Cakravartin (Raja Dunia), maka disebut sebagai Vidyaraja Berkepala Kuda, Avalokitesvara Kepala Kuda, dihormati dengan sebutan Guru Dharma di alam hewan. (menghindarkan kelahiran di alam hewan)

馬頭明王的修持,由於有寶馬腳力,不論遠近,皆可法力達至,可遍涉四大洲,其威力甚大,降伏一切的魔障 ,更具威力。
Sadhana Hayagriva, karena mempunyai kekuatan kaki kuda mestika, maka kekuatan Nya dapat menjangkau seluruh penjuru, tidak peduli jarak jauh atau dekat , mampu melintasi empat benua dalam semesta, wibawanya sungguh dahsyat, lebih hebat lagi dalam menaklukan semua rintangan mara.

馬頭明王的法,出自「頻伽藏秘密部」、「紅觀音儀軌」、「金剛佈畏起分」等經。
Sadhana Hayagriva tercatat dalam “Bagian Yogagarbharahasya”, “Tata Cara Avalokitesvara Merah”, “Bagian Vajrabhairava”, dan lain sebagainya.

其形像,在八文殊儀軌內曰:「畫一馬頭明王,面三面,三面各三目八臂,正面笑容,右面大青色,舌伸。左 面黃色利牙忿怒。右第一手執金剛杵,第二手執寶杖,第三手執迦那野,第四手執箭。左第一手絹索,第二手執般 若經,第三手持蓮花,第四手持弓。馬頭明王的身子,可用紅黑色來觀想,坐紅蓮華座。身著虎皮衣 。」
Bentuk Nya, seperti yang digambarkan dalam Tatacara 8 Manjusri : Menggambar satu Hayagriva Vidyaraja, bermuka tiga, tiap muka memiliki 3 mata dan 8 lengan, wajah utama tersenyum, wajah kanan berwarna biru, lidah naik. Wajah kiri angkara murka dan berwarna kuning bertaring tajam. Tangan kanan pertama memegang vajra, kedua memegang tongkat ratna, ketiga membawa jianayue, keempat membawa anak panah, ; Tangan kiri pertama membawa pasa/jerat, kedua membawa Sutra Prajna, ketiga membawa padma, keempat membawa busur. Tubuh Nya dapat divisualisaiskan berwarna merah tua, duduk diatas teratai merah, mengenakan jubah kulit harimau.”
「靈仙真佛宗」馬頭明王法如下:
Sadhana Hayagriva Vidyaraja dari Zhenfozong adalah seperti dibawah ini :

大禮拜。大供養。四皈依。四無量心。披甲護身。
Mahanamskara, Mahapuja, Catur sarana, Caturbrahmavihara, Simabandhana.

嗡啊吽。梭哈。三遍。一心召請,「吽」。「意業勝尊馬頭自在王,紅黑身色雄猛大威光,眼光慈悲視大眾生 相,喜容大悲平等顧有情,出利牙咬斷生死路,伸馬首法力無可匹敵,以馬嘶聲攝三界自在,大手印威服諸魔事, 蓮花手教令出輪迴,妙莊嚴化現馬王尊,禮讚白馬大自在尊前。行者一念大加啟請。」

Om Ah Hum (3kali)
Dengan tulus mengundang:
HUM

意業勝尊馬頭自在王 (Yiye shengzun Matou zizaiwang)
Yang Arya Hayagrivasvararaja yang unggul dari cetanakarma

紅黑身色雄猛大威光,(Hongheishense Xiongmengdaweiguang)
Tubuh berwarna merah tua memancarkan sinar kewibawaan nan dahsyat

眼光慈悲視大眾生相,(Yanguang cibei shi dazhongshengxiang)
Dengan tatapan kasih memandang para makhluk

喜容大悲平等顧有情,(Xirong dabei pingdeng zhu youqing)
Rupa sukacita dengan karuna memandang sama rata pada semua makhluk

出利牙咬斷生死路,(Chuliya yaoduan shengshilu)
Bertaring tajam memotong putus jalur lahir mati

伸馬首法力無可匹敵,(Shenmashou fali wuke pidi)
Berkepala kuda dengan kekuatan tak tertandingi

以馬嘶聲攝三界自在,(Yimashensheng shi sanjiezizai)
Dengan suara ringkikan kuda leluasa di triloka

大手印威服諸魔事,(dashouyin weifu zhumoshi)
Mahamudra menaklukkan segala pekerjaan mara

蓮花手教令出輪迴,(Lianhuashou jiaoling chulunhui)
Padmapani mengajar Dharma, membebaskan dari tumimbal lahir

妙莊嚴化現馬王尊,(Miaozhuangyan huaxian mawangzun)
Yang Agung mewujud sebagai Yang Mulia Raja Kuda

禮讚白馬大自在尊前。(Lizan Baima Dazizaizunqian)
Memuji dan bersujud dihadapan Yang Arya Kuda Putih Maha Leluasa

行者一念大加啟請 (Xingzhe yinian dajia qiqing)
Sadhaka mengundang dengan sepenuh hati

結馬頭明王手印。(手印密傳)
Membentuk Mudra Hayagriva (diwariskan secara rahasya)

觀想:先觀空,由空中現出種子字「吽」,吽之種子字在一紅蓮花之上,再變為三面三目八臂之馬頭明王,形 像如前所述。
Visualisasi : terlebih dahulu visualisasi kesunyataan, di angkasa muncul bijaksara HUM, HUM diatas padma merah, kemudian berubah menjadi Hayagriva berkepala 3, mata 3 dan lengan 8. (Mahaguru juga mengatakan bahwa bijaksara Hayagriva adalah HRIH, memang banyak adinata yg mempunyai bijaksara lebih dari satu)

再觀想:凡欲成就一切事,以紅蓮花放紅色光觸之,則一切即可成就,這紅色蓮花光,可以攝聚 一切。
Bervisualisasi, segala permohonan disinari oleh sinar merah dari padma merah, sehingga segalanya dapat terkabul, sinar padma merah ini mampu menarik segala sesuatu.

觀想完畢,即誦真言:

「嗡啥。白馬大格麗。般渣戈爾打。哈雅格麗哇。虎嚕。虎嚕。吽呸。」此真言共持千○八十遍 或百○八遍。
Setelah bervisualisasi, menjapa mantra :
“Om She Beimadageli Banchageerda Hayageliwa Hulu Hulu Hum Pei” 1080kali atau 108 kali.
(Mahaguru juga mewariskan mantra pendeknya : “Om Xie Beimadaji Hayajiwa Xie Hum Pei”)

持完馬頭明王心咒,即靜坐觀空,一念不生,一切無有生相,唯手結馬頭明王手印,即馬頭明王自在金剛三摩 地。
Setelah menjapa mantra, melakukan meditasi kesunyataan, satu pikiranpun tidak timbul, tiada timbul rupa, tangan membentuk mudra Hayagriva, ini adalah Samadhi Vajra leluasa dari Hayagriva.

出定後,唸「高王觀世音真經」一遍或三遍。
Seusai samadhi melafalkan Sutra Raja Agung satu atau tiga kali.

回向:
Melimpahkan jasa:

大力持明王 (Dalichi mingwang)
Vidyaraja Mahabhala

寶馬腳力深 (Baoma jiaoli shen)
Kekuatan kaki kuda mestika maha dahsyat

折伏一切魔 (Zhefu yiqie mo)
menaklukan semua mara

無明變蓮燈 (Wuming bian liandeng)
Avidya berubah menjadi lentera teratai

願護持一切眾生,願所祈皆如願,願無明全摧破。 (Yuan huchi yiqie zhongsheng. )
(Yuan suoqijieruyuan. Yuan wuming quan chuipo)
Lindungilah semua makhluk, kabulkanlah semua permohonan bajik
Hancurkanlah avidya

大禮拜佛,出壇。
Mahanamaskara dan keluar dari mandala.

此法有幾點聲明如下:
Sadhana ini ada beberapa yg harus diperhatikan :

第一,觀世音菩薩一向是大慈大悲之相,唯有馬頭明王是觀世音菩薩的忿怒身變化,所以有火焰威猛,指甲長 利,雙牙外露,馬首長臉,作極怒吼。此馬頭明王是稱為蓮花部忿怒持明王。
1. Avalokitesvara senantiasa berwujud Maitri karuna, Hayagriva adalah wujud krodha dari Avalokitesvara, maka mempunyai kobaran api, kuku panjang dan tajam, gigi tajam dan mencuat, kepala kuda dan bermuka masam, sangat menakutkan. Hayagriva disebut juga sebagai Krodha Vidyaraja di bagian keluarga Teratai. (Kelompok keluarga Amitabha Buddha)

第二,馬頭明王的法相,我見過有多種,皆不太一樣,藏密的形像,直接把馬頭置於頭,也有三面三目八臂的 ,所持的法器,東密藏密均不太一樣。有戴天冠者,上有一化佛。有穿虎皮者,亦有穿紅袈裟者,不一而足。無論 形像如何,但以自己供奉的為觀想對像即可。
2. Wujud Hayagriva, Saya pernah menemui ada banyak macam, semua sedikit berbeda, wujud di Tantra Tibet adalah kepala kuda ada diatas kepala, ada juga yang berkepala 3 mata 3 dan 8 lengan. Dharmayudam yang dibawa antara Tibetan dan Tantra Timur juga ada perbedaan. Ada yang memakai mahkota surgawi, diatasnya terdapat Buddha. Ada yang memakai kulit harimau, ada yang memakai kasaya merah, wujud Nya tidak hanya satu. Tidak peduli bagaimanapun wujud Nya, kita bisa bervisualisasi sesuai dengan yang kita persemayamkan di altar.

第三,有一本經是「佛說幻化網大瑜伽教十忿怒明王大明觀想儀軌經」,此經中述及馬頭大明王忿怒尊的觀想 法,密宗行者可以請來參究之,便可知道更詳盡。
3. Ada satu Sutra bernama, “Sutra Tatacara Visualisasi Mahayoga Jaring Khayalan Dasa Vidyaraja Mahavidya Krodha ” dalam Sutra ini dijelaskan cara visualisasi Hayagriva, sadhaka tantra dapat mempelajarinya, sehingga dapat memahami lebih banyak.

第四,本書所述一切法,須皈依灌頂者才可修之,因皈依灌頂者,由傳承加持力之故,才能修持 成就。

4. Sadhana yang dijelaskan dalam buku ini, untuk menekuninya butuh abhiseka bersarana, karena sadhaka yang telah bersarana akan memperoleh keberhasilan dari adhistana silsilah.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: