Paṇḍāravāsinī atau Guanyin Jubah Putih

Paṇḍāravāsinī atau Guanyin jubah putih adalah wujud Guanyin yang paling dipuja oleh Buddhisme Tiongkok dan bahkan agama Tao .

Walaupun Beliau memiliki wujud dewi, namun pada hakekatnya Beliau memiliki kedudukan yang sangat tinggi. Dalam sutra disebutkan bahwa Pandaravasini adalah ibu dari Padmakula, atau Para Deitys kelompok teratai.

Beliau adalah aspek feminim dari Amitabha Buddha , Dhyani Buddhamatrka sebelah Barat.

Cintamani dari Pandaravasini

diterjemahkan oleh : Lianhua Shian,

Dulu Saya pernah menekuni satu mantra, yaitu Mantra Pandaravasini yang ternama, demikian mantra tersebut :

「南無大慈大悲救苦救難廣大靈感觀世音菩薩。南無佛。南無法。南無僧。南無苦救難觀世音菩薩。怛只哆。 唵。伽囉伐哆。伽囉伐哆。伽訶伐哆。囉伽伐哆。囉伽伐哆。娑婆訶。天羅神。地羅神。人離難。難離身。一切災 殃化為塵。南無摩訶若波羅密。」

“Namo Dacidabei Jiukujiunan Guandalinggan Guanshiyin Pusa. Namo Fo. Namo Fa. Namo Sheng. Namo Jiukujiunan Guanshiyin Pusa. Danzhiduo. Om. Jialuofaduo. Jialuofaduo. Jiahofaduo. Luojiafaduo Luojiafaduo Sapoho. Tianluoshen Diluoshen Renlinan Nanlishen Yiqiezaiyang Huaweichen.Namo Mohoboyeboluomi”

Karena Saya meyakini mantra ini, kemudian menjapakannya dengan tekun, telah terjadi kontak batin yang tak terhitung banyaknya. Belakangan Saya mendalami Tantrayana, barulah tahu bahwa Pandaravasini mempunyai gelar yang sangat agung dalam Tantrayana, yaitu Ibu Padma Permaisuri Pimpinan Samaya「蓮華母三昧上首明妃」

Mantra Pandaravasini dalam Tantrayana mirip dengan bagian atas dari mantra umum Pandaravasini dan Mahakaruna Dharani. Demikian Saya tuliskan di bawah ini :

「南無囉怛南怛囉夜耶。南摩阿唎耶。婆盧羯帝爍囉耶。摩訶薩埵耶。摩訶埵婆耶。摩訶迦盧尼迦耶。嗡。羯 致尾。羯致你。羯致羯知羯致。羯嚕吒微哩曳。娑婆賀。」

“Namo Heladannaduolayeye. Namo Aliye. Bolujiedisuobolaye. Putisaduoboye. Mohesaduoboye. Mohojialunijiaye. Om Jie zhi wei. Jie zhi ni. Jie zhi jie zhi jie zhi. Jie lu zha

wei li yi. Suoboho.”

Meskipun keduanya ada perbedaan,namun menurut sepengetahuan Saya, pahalanya sama, ikrar Avalokitesvara terlalu dalam, bisa dibilang menjawab semua doa, menolong yang menderita, mantra Avalokitesvara sangat banyak, sadhaka dapat memilih salah satu diantaranya, dengan sendirinya akan memperoleh kontak batin. Semua mantranya adalah sama.

Saya telah mempelajari mengenai Pandaravasini, menemui bahwa wujud dan mudra dari Pandaravasini saja adalah berbeda di tiap sutra. Contohnya ada yang tangan kiri memegang teratai, tangan kanan membentuk mudra varadha. Pandaravasini di Aliduolo Dharani dalam Bab Arolik, tangan kiri membawa pasa, tangan kanan membawa kitab Prajna. Ada lagi, Pandaravasini yang dilukiskan dalam Sutra Dharani Iddhi Amoghapasa, tangan kanan beranjali, tangan kiri membawa padma yang belum terbuka. Selain itu, dalam 5 Sutra Ekaksarausnisa, tangan kiri mudra varadha, tangan kanan membawa mutiara. Yang paling sering dijumpai adalah tangan kanan membawa kalasa, tangan kiri memegang dahan liu.

Saya tahu bahwa Pandaravasini yang tangan kanan memegang kalasa dan tangan kiri membawa dahan liu, adalah menyembuhkan penyakit dan mengentaskan dari derita.

Tapi yang tangan kanan membawa mutiara dan tangan kiri mudra varadha adalah mengabulkan kehendak.

Saya pernah memasuki Samadhi Padma Mahayana Tanpa Batas Berubah Menjadi Vajra, disitu Saya mengetahui mengenai sadhana tantra Cintamani Pandaravasini.

Terlebih dahulu harus mempersemayamkan pratima Pandaravasini tangan kanan membawa mutiara cintamani, tangan kiri mudra varadha. Sadhaka duduk dengan tenang di hadapan pratima. Kedua tangan beranjali, kesepuluh jari membuka membentuk seperti padma, disebut mudra padmaanjali. Mudra ini mewakili bagian Bodhisattva.

Memvisualisasikan wujud Pandaravasini, rambutnya terjalin teratai, tubuh berwarna putih mengenakan jubah surgawi, membawa Cintamani dan mudra varadha, memvisualisasikan satu persatu dengan jelas. Pada sata ini menggunakan kekuatan pikiran supaya cintamani memancarkan cahaya kuning yang benderang ke arah tengah mudra padma yang kita bentuk.

Kemudian seutas sinar kuning ini, ditengah mudra kita berbuah menjadi cintamani berwarna kuning, kemudian semua keinginan seperti uang, harta benda dan lain sebagainya muncul dari cintamani. Apapun yang kita inginkan akan muncul, sangat sempurna, sangat jelas dan banyak.

Saat telah selesai bervisualisasi,segera menjapa mantra Pandaravasini 108 kali, atau 21 kali atau 49 kali juga boleh.

Kunci dari sadhana ini:sinar kuning yang dipancarkan oleh cintamani,kemudian mudra kita menerima sinar kuning tersebut dan berubah menjadi cintamani berwarna kuning, kemudian menciptakan berbagai macam benda berharga, ini adalah visualisasi yang terpenting.

Sadhana Cintamani Pandaravasini ini adalah Saya Vajracarya Bermahkota Merah dan berpita suci memperolehnya dari Samadhi Pandaravasini, maka sangatlah berharga, walaupun sadhananya tampak sederhana, namun bila Saya tidak menuliskannya, siapa yang dapat memahami makna anutararahsaya nya.

Pandaravasini adalah salah satu diantara banyak perwujudan Avalokitesvara. Perwujudan Nya adalah yang paling agung dan Welas Asih, membuat sekali memandang timbul rasa hormat. Mengenakan jubah putih, dihiasi permata, tanggal 19 bulan 2 imlek adalah hari ulang tahun Nya, tanggal 19 bulan 6 imlek adalah peringatan hari pencerahanNya, sedangkan tanggal 19 bulan 9 adalah hari peringatan Beliau meninggalkan keduniawian. Bodhisattva ini paling memperhatikan dan suka menolong semua makhluk yang sedang menderita. Bila dapat bersadhana Cintamani Pandaravasini dalam ketiga hari tersebut, pasti akan memperoleh terkabulnya kehendak dengan baik.

Saya mengharap pembaca memperhatikan, semua sadhana dalam Vajrayana, harus bersarana pada Acarya, kemudian memohon abhiseka dari Acarya barulah bisa menekuninya. Dan lagi, semua sadhana dalam Vajrayana harus menjapa Catur sarana, melakukan mahanamaskara, mahapujana, simabandhana diri, semua mahasadhana maupun sadhana kecil, harus terdapat empat macam penjapaan dan gerakan ini.

「Catur Sarana」、「Mahanamaskara」、「Mahapujana」、「Simabandhana diri」 telah berulang kali Saya jelaskan dalam buku, mohon dibaca dengan seksama.

Menulis satu puisi untuk memuji 「Pandaravasini」

白衣大士人讚揚 (baiyi dashi renzanyang / Pandravasini yang dipuja umat manusia)

聞聲救苦濟善良 (wenshengjiuku ji shanliang / Penuh kebajikan mendengar suara dan mengentaskan dari penderitaan)

密法如意最巧妙 (Mifa ruyi zui qiaomiao / sadhanatantra pengabulan kehendak adalah paling menakjubkan)

莊嚴神威滿壇場。(Zhuangyan shenwei man tan chang / Keagungan dan wibawa Nya memenuhi mandala)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: