Keagungan Kao wang cing

Siapa bilang Kaowangcing cuma begitu aja,
kali ini kita kupas sama sama dan kita bersama memahami keagungan Nya
betapa dahsyatnya kuasa nama Buddha di dalam Kao Wang Cing.


Keagungan Nama Buddha dalam Gao Wang Jing

Sumber:
Tripitaka No. 433
《佛說寶網經》Sutra Ratnajala

diterjemahkan oleh : Lianhua Shian
arsip Vihara Vajragarbha Sadparamita Bandung

Sebelah Selatan Raja Buddha Pohon Akar dan Bunga
Namo Shugenhua Wangfo (南無樹根花王佛)

Buddha memberitahu Tongzi (童子 / Ratnajalakumara) :
“Di sebelah Selatan melewati negeri Buddha yang banyaknya bagaikan berlipat lipat butiran debu di sini yang tak terhitung, ada sebuah dunia bernama Aneka Ragam Cahaya Permata (雜種寶錦 / zazhongbaojin) , disitu ada Buddha bernama Raja Buddha Pohon Akar dan Bunga (Shugenhuawang Fo / 樹根花王佛)yang saat ini sedang membabarkan Dharma.”

“Bila putera dan puteri yang berbudi, mendengar nama Buddha ini, tidak timbul keraguan atau rasa curiga, meyakini mata Kebenaran Ku, dalam kehidupan ini juga akan memperoleh lima macam Dharma.”

“Apakah sajakah kelimanya itu :”

1. selalu bersama Buddha di dunia.
2.Memperoleh kewibawaan dan kehormatan Cakravartin.
3.Memahami berbagai Dharma dan Sutra , ketulusan dan keyakinannya berlipat ganda sepanjang masa.
4.Merealisasikan 32 tanda kesempurnaan sampai ke Buddha an, segala yang diperbuat akan menjadi sempurna.
5. Akan segera memperoleh 5 kesaktian , tanpa halangan.

itulah kelimanya.”

“Diantaranya adalah segera merealisasikan Lima Kesaktian, apakah itu : ”

1. Mampu melihat sepuluh penjuru dengan mendetail, besar kecil, terpelajar maupun tidak, Sravaka, Pratyeka BUddha bahkan sampai para Baghavan. Pengelihatannya melampaui yang lainnya.

2. Telinga mampu mendengar dengan sangat jelas, jutaan neraka, hantu kelaparan, kehausan dan kelaparan mereka, kilesha alam hewan, sampai ke Surga-Surga dalam semesta , baik itu yang tenang, menderita, bahagia, jahat maupun bajik, dan semua Sutra yang dibabarkan oleh sepuluh penjuru Buddha akan mampu didengar.

3. Tubuh dapat terbang menuju berbagai negeri Buddha, bagai matahari terpantul dalam air, meskipun kelihatannya datang dan pergi, namun sama sekali tidak beranjak.

4. Dapat menembusi pikiran bajik maupun jahat yang ada di hati tiap insan, yang memiliki loyalitas maupun tidak, yang bocor maupun tidak, yang berhati nurani maupun tidak, yang muak terhadap duniawi dan menyukai Jalan, semua dapat diketahui dengan jelas.

5. Dapat mengetahui kehidupan lampau, bahkan mengetahui kehidupan para insan sejak kalpa tak terhingga, segala hal yang terjadi pada masa kuno, yang telah lewat, akan datang, terjadi saat ini, tiada satupun yang tak diketahui

tak henti hentinya arus Dharma dan sinar Buddha yang menembusi batin saat kita mengikuti pembabaran Dharma Xueshantongzi, bahkan saya merasakan dengan merenungi karya kata kata dan tindakan Beliau dalam mengajar dan lain lain, itu semua menyucikan batin.
Saya turut bahagia dan sangat bersyukur atas bimbingan Xueshantongzi pada kenalan saya yang bersemangat dalam Dharma, dari situ saya ikut memahami kesabaran dan kebijaksanaan Tongzi dalam mengajar. Dan yang istimewa diantara yang teristimewa adalah, mereka semua ada kontak dan ada pembuktian terhadap Tongzi .
Dan saat ini , Tongzi sedang banyak membabarkan Dharma mengenai Avalokitesvara Bodhisattva

Om Mani Padme Hum

Ratnajala Sutra
Tripitaka No. 433

Buddha memberitahukan kepada Tongzi :
“Di sebelah bawah melewati negeri Buddha yang tak terhitung banyaknya, ada dunia bernama Pahlawan Panji Arya (Zun Chuang Jun 尊幢君)
di situ ada Buddha bernama :

Raja Buddha Ketenangan Bajik Suara Rembulan
(Shanji Yueyin Wang Fo / 善寂月音王如來)

Bila putera dan puteri yang berbudi menekuni Bodhisattvayana, mendengar nama Buddha ini dan tak meragukannya, meyakini apa yang Aku jelaskan dari mata Kebenaran Ku ini, maka :

1. Dalam setiap kelahirannya memperoleh Samadhi Cahaya Universal.
2. Di akhir hidupnya mampu melihat Para Buddha muncul di hadapannya.
3. Sepuluh Penjuru Buddha membabarkan sutra padanya.
4. Mendengar Dharma aka nmenetap dalam batin dan tidak akan kebingungan atau kalut sampai terealisasinya ke Buddha an.
5.Merealisasikan Samadhi yang tak terhingga banyaknya dan tidak akan kehilangan samadhi nya.
6. memperoleh kelancaran dalam mencapai ke Buddha an.
7. Yang pemula akan melampaui berbagai kesulitan dalam lahir dan mati, yang Bodhisattva akan segera mencapai Anuttara Samyaksamboddhi. Bagai matahari muncul menerangi seluruh dunia.

***

Ratnajala Sutra
Trpitaka No.433

Buddha memberitahukan Tongzi :

“Di sebelah atas, melewati negeri Buddha yang tak terhingga banyaknya, ada dunia bernama

Pemilahan secara Bajik (Shan Fen Bie / 善分別)

Disitu ada Buddha bernama :

Buddha Pimpinan Ratna Virya yang Tak Terhitung
(Wu shu jingjin bao shou Fo / 無數精進宝首如來)

yang saat ini tengah mebabarkan Dharma kebenaran mengajar sepuluh penjuru, semua yang sedang menekuni 6 abhijna dan 6 Paramita memperoleh budi jasa Nya, hanya menekuni ke Bodhisattva an tidak memutuskan benih Buddha.

Bila ada putera dan puteri yang berbudi yang emnekuni jalan Bodhisattva, tidak meragukan mata kebenaran Ku dalam mengajarkan nama ini, maka :

1. Dalam tiap kelahiran tidak akan pernah diliputi kemalasan.
2. Tidak terkungkung oleh lobha.
3. Tidak kan menjadi yatim piatu dan tidak akan terikat pada hubungan dengan orang tua.
4. Tidak kan menjadi terikat oleh hubungan suamiistri , kakak dan adik.
5. Tidak kan menjadi terikat dengan hubungan kerabat, hal hal mengenai keturunan dan lain sebagainya.
6. Tidak akan rakus terhadap hubungan pertemanan.
7. Dalam tiap kelahiran akan selalu berparas agung.
8. Tidak akan banyak membenci dan marah , maka tidak berpenyakitan.
9. Tidak banyak kekuatiran dan ketenangannya tak terbatas.
10. Sampai tercapainya ke Buddha an senantiasa memperoleh pahala yang tak terhingga.

Di sebelah Timur melewati negeri BUddha yang tak terhingga banyaknya, ada dunia yang bernama Jiejun Shijie / Pahlawan Pembebasan. (解君世界), disana ada seorang Buddha bernama

Raja Tathagata Cahaya Ratna Istana Rembulan Keindahan Rembulan Suara Arya
(Baoguang yue dian yue miao zun yin wang Rulai / 寶光月殿月妙尊音王如來)

yang saat ini sedang membabarkan Dharma.

Bila mendengar nama Buddha ini dan tidak meragukan Nya, maka :

1. Dalam tiap kelahiran akan menjadi Raja Cakravartin
2. Saat Buddha berada di dunia, maka akan senantiasa bisa berjumpa.
3. Dapat memberikan pujana pada Para Buddha yang tak terhingga banyaknya, tekun dalam kehidupan suci, memperoleh abhijna, mampu mengamati Anuttara Samyaksamboddhi Para Tathagata yang tak terhingga banyaknya.
4. Lepas dari lahir dan mati.
5. Batin selalu tenang , tidak pernah kalut.
6. Selalu menuju pada Jalan Kebenaran Sejati.
7.Tiada debu dan tidak ternoda oleh berbagai kotoran dunia, memperoleh tubuh leluasa.
8.Di tempat tinggalnya memeiliki empat hal membahagiakan.
9.Tubuh bercahaya bagai emas.
10. Berrupa agung, ciri Mahapurusa.
11.Suara nya indah melebihi delapan kelompok makhluk dan bahkan Brahma sekalipun.
12.Terhindar dari 8 bahaya, selalu memperoleh ketenangan.

***
(Ratnajala Sutra , Tripitaka No. 433)

Buddha memberitahukan pada Tongzi :
“Di sebelah Barat melewati negeri Buddha yang tak terhitung banyaknya, ada dunia bernama Cahaya Rembulan yang Unggul / Sheng Yue Ming (勝月明), ada Buddha bernama :


Raja Buddha Raja Abhijna Bunga Api
Zao Wang Shentong Yanhua Wang Fo (造王神通[火*僉]花如來)

Bila para putera dan puteri menekuni Bodhisattvayana, mendengar nama Buddha ini, tidak mencurigai dan tidak meragukan , sepenuh hati menapaki jalan kebenaran, maka :

1. Dalam tiap tempat kelahirannya akan menampilkan Samadhi Cahaya.
2.Memperoleh berbagai Pintu Samadhi.
3. Memasuki pintu Dharma yang tak terhingga banyaknya seluas Samudera.
4. Tidak kehilangan samadhi dalam Dharma tersebut.
5. Di akhir hidupnya akan berjumpa dengan Sepuluh Penjuru Para Buddha yang tak terhingga banyaknya.
6. Dharma yang dibabarkan epuluh penjuru Buddha semua bisa dilaksanakan dan tidak kehilangan makna ajarannya, sampai akhirnya mencapai ke Buddha an.
7. Melampaui segala kesulitan kelahiran dan kematian.
8.Setelah mulai penekunan , dalam waktu yang tak lama akan mencapai Anuttara Samyaksamboddhi.

***

Ratnajala Sutra, Triptaka No. 433

Buddha memberitahukan kepada Tongzi :
“Di sebelah Utara melewati negeri Buddha yang tak terhitung banyaknya, ada negeri Buddha bernama Mengatasi Ratna Jala (Jue Liao Bao Wang / 決了寶網), disana ada Buddha bernama :

Buddha Istana Rembulan nan Suci
(Yue Dian Qingjing Fo 月殿清淨如來)

yang saat ini sedang membabarkan Dharma.
Bila ada putera puteri berbudi yang menekuni Bodhisattvayana, mendengar nama Buddha ini, tidak meragukannya dan menghormati serta bersuka cita dalam ajaran Nya, maka :

1. Dalam tiap kelahirannya selalu merealisasikan Samadhi Panji Ratna.
2. Dapat mengamati Sepuluh penjuru negeri Buddha.
3. Melampaui kesulitan kelahiran dan kematian.
4. Begitu belajar Dharma, akan segera melaju merealisasikan Anuttarasamyaksamboddhi.
5. Bila ada wanita mendengar nama Buddha ini, tak meragukannya, maka dalam tiap kelahirannya akan mampu merubah tubuh wanitanya menjadi tubuh pria dan mampu mengajar para insan yang tak terhingga banyaknya supaya merealisasikan pencerahan.

Pembahasan 6 Penjuru 6 Buddha dalam Kao Wang Cing

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: