Kalimat Bijak dari Ajaran Tao

KALIMAT BIJAK DARI AJARAN TAO

Sesuatu hal yang sudah jelas dapat dibuktikan, walau pembuktiannya menggunakan cara apapun, anda harus mengakuinya itulah sikap yang ilmiah. Jika dengan sikap kolot tidak mau mengakuinya itulah kebodohan. Sikap yang baik adalah jika masih kurang jelas atau curiga pada pembuktian tersebut, maka anda haruslah maju selangkah untuk mengetahui lebih mendalam, seperti mengejar sesuatu. (maj. Intan dalam debu, feb. 2003) Barang siapa yang bersandar kepada Tao untuk memimpin manusia, tidaklah mencoba untuk memaksakan atau mengalahkan musuh dengan kekuatan tangannya. Karena setiap kekuatan selalu ada balasannya Kekerasan, walaupun dengan maksud baik selalu berbalik kepada dirinya. Sang Master menyelesaikan tugasnya, lalu berhenti. Ia mengerti bahwa alam semesta senantiasa merdeka, mencoba mendominasi sesuatu adalah berlawanan dengan arus Tao.

(Tao Te Ching :30)

MAWAS DIRI,

PENTING ! Menghadapi persoalan kehidupan sehari-hari, hampir semua orang merasa pusing. Apalagi di jaman sekarang, tidak strees sudah untung, Dari situlah kita harus pandai-pandai membenahi diri, menyesuaikan diri dalam masyarakat, supaya hidup bisa lebih enak atau setidaknya bisa mengurangi stress ini. Dalam menjalani kehidupan ini seumur hidup yang lebih penting adalah lebih baik kita mawas diri daripada pintar-pintar mengorek kesalahan orang lain. Karena mencari-cari kesalahan orang lain, itu tidak ada manfaatnya atau hanya menghabiskan waktu. Lain dengan mawas diri itu akan baik bagi dirinya juga baik untuk orang dilingkungan sekitarnya. Ingin menegakkan keadilan/kebenaran dalam bathinnya kacau atau selalu menganggap dirinya yang paling suci/benar , mana mungkin bisa adil menghadapi banyak persoalan-persoalan yang ruwet dalam dunia ini. Mawas diri tiada hentinya, mawas diri penting bagi kita semua.

(Phang Mei Jing, “Intan dalam debu” feb,2003)

Thay Sang Lao Cin bersabda : Orang yang berkwalitas tinggi tidak suka bertengkar, Orang yang berkwalitas rendah gemar mencari gara-gara (sumber dari : Thay Sang Qing Cing Cin)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: